Home » » Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

Perbedaan antara Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Sistem Komputer, dan Software-Engineering

Asalamu'alaikum WR.WB

apasih perdaannya......??kita tapak tilas....cabutt
 Teknologi informasi (Information Technology)

Biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dalam Oxford English Dictionary(OED2) edisi ke-2 mendefenisikan teknologi informasi adalah hardwaredan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim/menyebarkan informasi. Sementara Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.


 Sistem Informasi

Sesungguhnya yang dimaksud dengan sistem informasi tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan computer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer-BasedInformationSystems atau CBIS ).Dalam prakteknya, istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa embel-embel berbasis computer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang penting. Sistem Informassi (SI) atau Information System (IS) yang menunjukan sistem dapat menghasilkan informasi yang berguna.
Alter (1992)
Bodnar dan Hopwood (1993)
Gelinas, Oram, dan Wiggins (1990)
Tuban, McLean, dan Wetherbe (1999)
Wilkinson

Sumber : http://myblooger.blog.dada.net/post/661314/Definisi-Sistem-Informasi

 Sistem Komputer

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan. Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya


 Software engineering
• Menurut B.W. Boehm :
Software engineering adalah aplikasi ilmu pengetahuan dan matematika dimana kemampuan perangkat komputer yang dibuat bermanfaat bagi manusia melalui program komputer, prosedur, dan dokumentasi terkait.
• Menurut Fritz Bauer :
Software Engineering adalah pembuatan dan penggunaan prinsip rekayasa untuk memperoleh perangkat lunak secara ekonomis dimana perangkat lunak tersebut dapat dipercaya dan bekerja secara efisien pada mesin nyata.
• Menurut IEEE Standar 610.12 :
Software Engineering sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
• Menurut R.Fairley :
Software engineering adalah disiplin teknologi dan manajerial berkaitan dengan produksi sistematis dan pemeliharaan produk perangkat lunak yang dikembangkan dan dimodifikasi tepat waktu dan dalam perkiraan biaya.
Sumber:
http://hasan.staff.uad.ac.id/new/attachments/081_Temu02-Pengantar-RPL-Informatika-UAD.pdf

0 komentar:

Posting Komentar